9/18/2017

Khasiat Daun Bidara Dalam Perubatan Islam

Khasiat daun bidara dalam perubatan islam di antaranya adalah dipergunakan untuk memandikan jenazah, mandi seorang yang baru menjadi mualaf sebagaimana di “Beliau masuk Islam, lantas Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam memerintahkannya untuk mandi dengan air dan daun sidr (daun bidara).” (HR. An Nasai no. 188, At Tirmidzi no. 605, Ahmad 5/61. Syaikh Al Albani mengatakan bahwa hadist ini shahih). Dan juga Buahnya bisa dimakan, mengobati diare, obat untuk penyakit perut, memperkuat fungsi hati dan empedu, meningkatkan nafsu makan, dll. berikut ini kita simak satu persatu tentang manfaat daun bidara dalam islam:

Khasiat daun bidara dalam perubatan islam

daun bidara untuk ruqyah nama lain daun bidara ciri ciri daun bidara daun bidara dalam perubatan islam gambar daun bidara daun bidara arab jual daun bidara daun bidara di indonesia
Khasiat Daun Bidara Dalam Perubatan Islam
Daun bidara mempunyai banyak sekali khasiat bagi umat manusia dan daun bidara juga banyak di kaitkan dengan kejadian-kejadian di masa Rasulullah sehingga pohon bidara ini menjadi sangat penting dan terdapat banyak kandungan di dalam ayat Al-qur’an. Dan daun bidara yang di artikan dengan Sidrah al-muntaha yang berhubungan dengan peristiwa isra’ mi’raj yakni peristiwa Rasulullah mendapatkan perintah untuk sholat 5 waktu yang merupakan kewajiban manusia untuk menjalankan, sehingga karena pentingnya hal tersebut sidr disebukan dalam Al-qur’an.

Berikut ini adalah ciri ciri daun bidara dan nama lain daun bidara

JENIS / NAMA
BIDARA UPAS
BIDARA LAUT
BIDARA CINA
PUTSA
(APEL INDIA)
BIDARA ARAB
( SIDR)
kerajaan
Plantae
Plantae
Plantae
Plantae
Plantae
Devisi
Audikotil
Magnoliophyta
Magnoliophyta
Magnoliophyta
Magnoliophyta
Kelas
Asteriade
Magnoliopsida
Magnoliopsida
Magnoliopsida
Magnoliopsida
Ordo
Solanales
Rosales
Rosales
Rosales
Rosales
Keluarga
Convolvulaceae
Rhamnaceae
Rhamnaceae
Rhamnaceae
Rhamnaceae
Genus
Merremia
Ziziphus
Ziziphus
Pyruz
Ziziphus
Spesies
M. mammosa
Z. mauritiana
Ziziphus Zizyphus
Pyruz malus L
Z. spina christi







Ciri-ciri daun bidara

  • Tumbuhan berupa pohon, tinggi 5 – 15 m
  • batang bengkok dan bertonjolan
  • Ranting kerapkali menggantung
  • Daun mempunyai tangkai bulat telur oval
  • 4 – 8 kali 2 – 7 cm
  • bertulang daun 3
  • bergerigi lemah
  • dari bawah putih atau cokelat larat seperti vilt
  • Daun penumpu bentuk duri
  • hampir selalu
  • salah satu dari keduanya gagal tumbuhnya
  • Bunga dalam paying tambahan
  • bertangkai pendek atau duduk
  • berambut seperti vilt di ketiak
  • Daun pelindung bulat telur, berambut cokelat karat
  • Garis tengah bunga ±0,5 cm
  • kelopak kuning hijau
  • separuh jalan berlekuk 5
  • taju segi tiga bulat telur
  • dari dalam berlunas
  • dari luar bentuk vilt
  • Daun mahkota 5
  • bentuk telur terbalik
  • bentuk tudung, putih
  • Tonjolan dasar bunga datar
  • berekuk 10
  • mengelilingi bakal buah yang beruang 2
  • Cabang tangkai putik 2
  • Buah berdaging bentuk bola oval, panjang 1,5 – 2 cm, mula-mula kuning, kemudian merah tua, gundul.
  • tumbuh di bawah 400 m, mungkin juga ditanam. Terutama umum di daerah kering.

Nama lain daun bidara

  • Daun Seureuh
  • Daun Cedar
  • Daun Arabian Jujube
  • Zizyphus Spina-Christi

Gambar daun bidara

cara membuat ramuan daun bidara cara menggunakan daun bidara efek samping daun bidara khasiat daun bidara kumpulan tips daun bidara dalam perubatan islam nama lain daun bidara gambar daun bidara ciri ciri daun bidara
Pohon bidara upas
cara membuat ramuan daun bidara cara menggunakan daun bidara efek samping daun bidara khasiat daun bidara kumpulan tips daun bidara dalam perubatan islam nama lain daun bidara gambar daun bidara ciri ciri daun bidara
Bidara cina
cara membuat ramuan daun bidara cara menggunakan daun bidara efek samping daun bidara khasiat daun bidara kumpulan tips daun bidara dalam perubatan islam nama lain daun bidara gambar daun bidara ciri ciri daun bidara
bidara arab
cara membuat ramuan daun bidara cara menggunakan daun bidara efek samping daun bidara khasiat daun bidara kumpulan tips daun bidara dalam perubatan islam nama lain daun bidara gambar daun bidara ciri ciri daun bidara
bidara laut


Daun bidaraa di dalam sidratul muntaha

Pohon bidara
Sidratul muntaha adalah batas akhir langit yang tidak bisa dilewati oleh makhluk lain tidak bisa melewatinya dengan di tandai oleh pohon bidara. menurut kepercayaan orang Islam akan tetapi pohon bidara juga di sebut sebagai pohon kehidupan di dalam ajaran lain.

Isra Mi'raj yang terjadi pada tanggal 27 bulan rajab ini adalah peristiwa di mana nabi Muhammad di temani malaikat Jibril untuk ke sidratul muntaha tempat Allah memberikan perintah sholat.

Untuk penjelasan etimologi Sidrat al-Muntahā adalah berasal dari kata sidrah dan muntaha. Sidrah adalah pohon Bidara, sedangkan untuk muntaha berarti tempat berkesudahan, sebagaimana kata ini terdapat munasabahnya di dalam ayat berikut:

"Kemudian akan diberi balasan kepadanya dengan balasan yang paling sempurna, dan bahwasanya kepada Tuhanmulah kesudahan (segala sesuatu)." (An-Najm, 53:41-42)
"Dengan demikian, secara bahasa Sidratul Muntaha berarti pohon Bidara tempat berkesudahan. Disebut demikian karena tempat ini tidak bisa dilewati lebih jauh lagi oleh manusia dan merupakan tempat diputuskannya segala urusan yang naik dari dunia di bawahnya maupun segala perkara yang turun dari atasnya. Istilah ini disebutkan sekali dalam Al-Qur’an, yaitu pada ayat: di Sidratul Muntaha." (An-Najm, 53:14)

Penggambaran wujud sidratul muntaha

Sidratul Muntaha digambarkan sebagai wujud Pohon Bidara yang sangat besar, tumbuh menjular keatas mulai Langit Ke enam hingga Langit Ketujuh. Dedaunannya sebesar telinga gajah dan buah-buahannya seperti bejana batu. Menurut Kitab As-Suluk, Sidrat al-Muntahā adalah sebuah pohon yang terdapat di bawah Arsy, pohon tersebut memiliki daun yang sama banyaknya dengan sejumlah makhluk ciptaan Allah.

Manfaat daun bidara

Begitu banyak akan manfaat daun bidara dari sudut Islam dan di dalam dunia metafisik atau juga fungsinya untuk di kehidupan sehari hari baik manfaat daun bidara untuk kecantikan dengan cara mengolah dan mengkonsumsi daun bidara tentu saja cara membuat ramuan daun bidara pun tergolong mudah untuk efek samping reaksi setelah meminum daun bidara juga akan kita bahas sebagai berikut:

1. Manfaat Daun bidara untuk memandikan jenazah

Ummu 'Athiyyah 'Radhiallahu 'Anha berkata. Nabi Muhammad SAW pernah memenuhi kami sedangkan kala itu kami sedang memandikan uterinya (Zainab). Lalu beliau bersabda: Mandikanlah dia tiga lima (tujuh) kali. atau lebih dari itu. jika kalian memandang perlu, maka pergunakan air dan daun bidara. (Ummu 'Athiyyah berkata dengan ganjil? beliau bersabda: dan buatlah diakhir mandinya itu tumbuhan kafur atau sedikit darinya (HR Muslim)

2. Manfaat Daun Bidara Untuk Mengobati Gangguan Jin dan Sihir

Wahb bin munabih seorang pamuka tabi'in yang ahli dalam sejarah dan ilmu kedokteran menyarankan untuk mengunakan tujuh lebar daun bidara yang dihaluskan. Kemudian dilarutkan dalam air dan dibacakan ayat Kursi, surat Al Kafirun, Al Ikhlash, l Falaq dan An Naas (lihat Musannaf Ma'mar bin Rasyid 11/13)

Dengan cara tumbuklah tujuh lembar daun bidara yang masih hijau diantara dua batu, seperrti cobek dan lainnya. Lalu tuangkan air diatasnya sampai cukup untuk mandi dan bacakan ayat-aat Al-qur'an.

 Setelah itu minumlah air tersebut tiga kali dan kemudian buatlah mandi dengan demikian Insya Allah penyakit (sihir) dan jin akan hilang.

Jika orang yang terkena ganguan jin dan sihir mengeram kesakitan, jangan percaya dan tetap lanjutkan menyiram air dari daun bidara tersebut, karena itu raungan dari jin atau setan kafir yang kepanasan dan kesakitan.


3. Manfaat Daun Bidara Untuk Haidh


Dari Aisyah radhiallahu ‘anha bahwa “Asma’ bertanya kepada Nabi Muhammad saw tentang bagaiman mandi wanita yang sedang haidh. Maka beliau bersabda, “Salah seorang dari kalian hendaklah mengambil air dan daun bidara, lalu engkau bersuci, lalu membaguskan bersucinya.”(HR. Bukhari no. 314 dan Muslim no. 332)

Berikut ini  27 manfaat daun bidara yang lain:


  1. Manfaat Daun Bidara untuk Menghilangkan Jerawat
  2. Khaisat Daun Bidara Dijadikan Sirup, Manisan, dan Bahan Makanan
  3. Daun Bidara Mempercepat Proses Penyembuhan Luka Gores dan Bakar
  4. Manfaat Daun Bidara Sebagai Bahan Kosmetik Wajah 
  5. Khasiat Daun Bidara Menjaga Kulit Tetap Kering 
  6. Daun Bidara dapat Menghilangkan Depresi
  7. Khasiat Daun Bidara Meningkatkan Nafsu Makan
  8. Manfaat Daun Bidara Mencegah Diabetes
  9. Daun Bidara sebagai Pakan Hewan Ternak
  10. Manfaat Daun Bidara Mengobati Penyakit yang Disebabkan oleh Bakteri dan Virus
  11. Khasiat Daun Bidara sebagai Obat Lambung
  12. Manfaat Daun Bidara sebagai Obat Sariawan, Bibir Pecah-pecah dan Gusi Berdarah
  13. Daun Bidara Mencegah Pertumbuhan Sel Kanker dan Tumor
  14. Khasiat Daun Bidara Mengobati Masalah Keputihan dan Haid yang Tidak Teratur
  15. Manfaat Daun Bidara Mengatasi Ejakulasi Dini atau Lemah Syahwat
  16. Daun Bidara sebagai Obat Bisul dan Ambien
  17. Manfaat Daun Bidara sebagai Obat Penurun Demam
  18. Khasiat Daun Bidara Merawat Kesehatan Tulang dan Gigi
  19. Manfaat Daun Bidara sebagai Penurun Tekanan Darah Tinggi
  20. Daun Bidara Mengobati Insomnia
  21. Khasiat Daun Bidara Mengobati Nyeri Ketika Buang Air Kecil, Berdarah, atau Bernanah
  22. Manfaat Daun Bidara sebagai Pembersih Usus
  23. Daun Bidara Mengobati Penyakit Kardiovaskuler
  24. Khasiat Daun Bidara Memperbaiki Sel-sel Tubuh yang Rusak
  25. Manfaat Daun Bidara Mengobati Radang Kulit
  26. Daun Bidara Sebagai Penguat Rambut
  27. Khasiat Daun bidara untuk kecantikan

Cara menggunakan daun bidara

Cara membuat ramuan daun bidara sangatlah mudah. ini adalah tips khasiat cara mengunakan daun bidara dan cara mengolah daun bidara. Ada dua cara menggunakan Daun Bidara untuk mendapatkan manfaatnya :

Berendam dengan menggunakan daun bidara: 

  • Gunakan segenggam daun bidara, rebus dengan air.
  • Kemudian campurkan di air yang sudah disiapkan untuk berendam.
  • Tambahkan sedikit garam kasar di dalam air
  • Bacakan : Al-Fatiha, Ayat-Kursi, Al-Ikhlas, Al-Falaq, An-Naas di air sebanyak masing masing 7 kali. 
  • Berendamlah selama 30 menit setiap hari, sampai dirasa sihirnya telah hilang. Biasanya 40 hari sihir akan hilang sepenuhnya.


Cara ini adalah salah satu cara paling ampuh menghancurkan sihir yang sulit di sembuhkan selama bertahun-tahun. Dan sudah terbukti khasiatnya sangat ampuh tidak perlu di ragukan lagi.

Meminum air rebusan daun Bidara: 

  • 5 -7 lembar daun bidara
  • 500ml air
  • rebuslah hingga air menyusut menjadi 250ml atau setakaran gelas belimbing
  • Tambahkan madu asli dua sendok makan.
  • Bacakan : Al-Fatiha, Ayat-Kursi, Al-Ikhlas, Al-Falaq, An-Naas di air sebanyak 3 kali.
  • Minum 2 kali sehari, sampai keluhan penyakitnya hilang.


InsyaAllah khasitnya juga tidak kalah. Anda kami sarankan untuk menggunakan juga sabun yang di buat dari bahan dasar daun bidara. Dan perlu diingat bahwa pemakaian sabun bidara ini hanyalah terapi tambahan, bukan yang utama. Namun ia akan membantu proses percepaatan dalam penyembuhan. yang terpenting jangan lupa berdoa untuk kesembuhan kepada Allah swt karena usaha adalah implementasi dari doa.

Demikian ulasan tentang daun bidara cara membuat ramuan daun bidara cara menggunakan daun bidara efek samping daun bidara khasiat daun bidara kumpulan tips daun bidara dalam perubatan islam nama lain daun bidara gambar daun bidara ciri ciri daun bidara.

Semoga artikel ini bermanfaat
Mohon di share agar sampai ke yang membutuhkan

These Leaves Could Save Millions Of Lives
EmoticonEmoticon